Bulan Ramadhan 2012 & Menyusui

Bulan Ramadhan 2012 & Menyusui - Tahun ini Alhamdulillah sudah genap keluargaku menjadi Ayah, Ibu dan Anak. jika tahun lalu aku melaluinya dengan mual-muntah dan juga apapunlah, sekarang aku berpuasa dengan perasaan bahagia karena selain ditemani sang suami tercinta, juga ditemani oelh Tsaqif. Puasa sambil menyusui?? Why Not???

Menyusui  memang membutuhkan banyak sekali asupan nutrisi guna menunjang sang ASI untuk tetap layak di konsumsi oleh sang buah hati. Ada kalanya memang sangat melelahkan, namun bagiku sangat menyenangkan karena dukungan dari keluarga yang memang support saya banget. "Daripada ntar nyaur-nya sendirian" gimasih tulah alasan pertamaku, dan yang kedua adalah tahun depan juga tsaqif masih berusia 1,5 tahun. Otomatis juga Tsaqif masih tetap minum ASI, ga mungkinkan punya tanggungan 60 hari puasa??? Betapa beratnya ntar kalo mesti membayarnya.

Memang bukanlah hal yang Wajib bagi seorang ibu yang menyusui untuk berpuasa, kita bisa membayar mut ataupun ntar kalao sudah di sapih baru kita membayarnya dengan puasa di hari lain selain bulan puasa. Namun tidak apa-apa selama kita mampu dan kuat disertai dengan sang bayi yang tidak mengalami beberapa gejala seperti sakit, diare ataupun rewel. Namun memang saat bersahurlah peran penting untuk menunjang asupan ASI dan juga juga dukungan keluarga untuk membantu meringankan pekerjaan para ibu yang menyusui ini.

Saya akan memberikan informasi tentang apa yang saya makan saat sahur selama bulan puasa saat menyusui ini:

  • Nasi Putih dan lauk-pauk (sayur wajib ada)
  • Telur, ayam ataupun daging (pilih slaah satu)
  • 1 gelas Susu (whatever)
  • 1 Gelas Jamu Puyang (untuk pemperlancar ASI)
  • 1/2 Gelas Nutrisari
  • 2-3 butir kurma
  • 600ml air putih
Lengkap ya Bunda?? Jangan ditanya dech kok ya aku muat makan segitu banyaknya, tapi memang ini bekal banget saat saya puasa kali ini mengingat selain saya puasa juga sang bayi tetap harus memiliki nutrisi yang mencukupi ya kan Bunda?? Biasanya saya akan bangun jam 3 pagi dan mulai makan jam 3:20 pagi, kalo lebih dari itu udah dech,,ga bakalan muat perut ini. Hihihihihi...

Untuk berbuka saya memakan secukupnya namun menghindari ES dech, jadi kalaupun buat ES buah tetap gak pakai ES, dan tentunya setelah tarawih masih kadang suka lapar lagi jadi ya makan lagi dikit ataupun meminum yang manis-manis. Gapapa dech mesti puasa ini ga turun BB-nya, yang pasti ASI lancar dan sayapun juga tetap bisa beribadah.

Selamat Berpuasa ya Bunda...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar