Kumpulan Foto Ter-teran Selamatan Idul Fitri






Ini merupakan kumpulan Foto ter-teran yang diberikan tetangga kepada kami saat megengan atau prosesi selamatan menjelang hari raya Idul Fitri 2012 kemarin. Saya sangat tertarik dengan keragaman macam lauk yang disuguhkan, hal ini diberikan sebagai ucapan rasa syukur akan datangnya hari raya Idul Fitri yang memang sangt dinantikan oleh umat Islam.

Mungkin ga ya acara selamatan ini hanya ada di Jawa??? Mungkin ga juga ya,,,namun yang namanya SELAMATAN saja yang ada di daerah Jawa, namun di daerah lain selain di Jawa juga ada kok acara seperti ini, namun saya lupa namanya. Yang pasti tujuannya sama, yaitu berucap syukur dengan berbagi rejeki yang diberikan kepada tetangga dekat dan handa taulan.

Foto ini ada karena kmi hidup di daerah pedesaan, yang saya ketahui bahwa hal ini berbeda jika kita tinggal di kota, biasanya karena mobilitas kota yang tinggi membuat para ibu rumah tangga tidak perlu repot, mereka bisa pesan katering ataupun bisa memberikan parcel kecil yang berisikan mie instant, telur, gula, dll. Ini akan jauh memberikan keragaman dan juga kata "mubadhir". Karena kalo diberikan matang memang kita ready to eat, tapi kekurangannya adalah kita kadang suka membuang beberapa manakala saat banyak tetangga yang memberikan dihari yang sama. Syukur-syukur sisa nasinya bisa di pakai buat nasi goreng besok harinya.

Tips Supaya ter-teran tidak Mubadhir bagi sang Penerima:
  1. Usahakan cari hari yang berbeda dengan tetangga, bisa sebelum hari H atau justru sesudahnya.
  2. Matangkan lauk pauk dengan sempurna guna mencegah basi saat di berikan ke tetangga.
  3. Pilihlah lauk pauk yang berbeda dengan para tetangga, jika biasanya menu lauknya kering, bisa diganti dengan ater-ater Bakso, Soto maupun Rawon.
  4. Memberikan nasi memang perlu, namun ada baikny tidak terlalu banyak supaya kita tidak boros juga yang memberi tidak membuangnya, yakinlah bahwa di rumah mereka juga memasak nasi.
  5. Memberikan dengan jumlah banyak memang baik, namun akan lebih baik jika di sesuaikan dengan jumlah keluarga. Berikanlah lauk dengan jumlah yang agak banyak untuk tetangga kita yang berkeluarga besar, dan seperlunya untuk keluarga yang lebih kecil.
  6. Terakhir, berikanlah yang memang membutuhkan. Tetangga yang berkekurangan juh lebih baik diberi lebih daripada yang sudah berkecukupan.
Nah,,, memang senang ya kalo musim selamatan gini, bawaannya dapat rejeki mulu di rumah dan so pasti dengan adanya ter-ran kita ga perlu masak ataupun order ke 141145 ya ga? ^.^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar